ALHAMDULILLAH. REKAN-REKAN HONORER AKAN MENDAPATKAN TUNJANGAN KHUSUS TAHUN 2016

Salam sukses buat rekan-rekan honorer dimanapun berada. Berikut kami sampaikan informasi mengenai tunjangan khusus yang akan diterima oleh rekan-rekan honorer berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kemendikbud. Simak berita selengkapnya berikut ini.

Tunjangan  Bagi Para honorer berprestasi.  Setelah Sekian lama menunggu kabar baik, akhirnya pada tahun 2016  para guru honorer akan mendapat kejutan Spesial. Melalui tunjangan honorer berprestasi, Kemendikbud menegaskan dalam pemberian tunjangan ini tentunya berdasarkan tingkat prestasi guru honorer. Dan nantinya tunjangan ini akan berbeda dengan tunjangan lain, seperti tunjangan sertifikasi maupun tunjangan fungsional, tunjungan ini bisa di bilang tunjangan Khusus dan besarannya masih dirahasiakan.



TUNJANGAN BAGI GURU HONORER BERPRESTASI INI SPESIAL SEKALI
Seperti yang dijelaskan sebelumnya perbedaan tunjangan honorer berprestasi sangat berbeda dengan tunjangan lain. Kalau tunjangan sertifikasi bagi honorer tentunya memiliki persyaratan khusus. Pada tahun 2016 mendatang selain tunjangan fungsional, honorer juga berkesempatan memiliki sertifikat pendidik. Dan mendapatkan tunjangan sertifikasi layaknya  diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil.
Bicara mengenai kreteria Guru yang tergolong berprestasi, UKG atau Uji Kompetensi Guru yang telah dilaksanakan kemarin kemungkinan akan menjadi patokan.
UKG BISA MENJADI KRETERIA GURU HONORER BERPRESTASI"
Menurut informasi, yang kami lansir dari erudisi.com. Daerah Malang Jawa Timur sudah memberikan tunjangan prestasi untuk honorer didaerah mereka.  Dan tentunya tak mustahil pula akan merambat ke daerah-daerah lain.
Disamping itu, penambahan jumlah guru honorer penerima tunjangan disampaikan oleh Lathifah Shohib selaku anggota komisi X DPR RI saat menjadi pemberi materi seminar Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Negeri Malang (UM). “Kami berikan opsi naikkan nominal tunjangannya atau tingkatkan jumlah penerimanya. Yang dikabulkan jumlah penerimanya, ” ujarnya.
 Berdasarkan informasi data yang didapat dari Dinas Pendidikan (Disdik), Kota Malang memiliki jumlah guru honorer sekitar 7000 orang. Honorer yang mendapat tunjangan honorer hanya 4500 orang dengan rincian 3900 guru honorer mendapat tunjangan dari disdik, sedangkan sisanya 600 guru honorer, mendapat tunjangan dari pemerintah. Tahun 2016 mendatang, disdik tidak menambah kuota penerima tunjangan honorer, sehingga jumlah guru yang menerima tunjangan dari disdik tetap 3900 guru honorer. Sedangkan Kemendikbud menambah 600 kuota penerima tunjangan honorer, sehingga jumlah guru honorer yang akan dialokasikan tunjangan sekitar 1.200 guru honorer.

Lebih lanjut Lathifah menjelaskan, dengan penambahan kuota tersebut, alokasi dana anggota tunjangan guru honorer meningkat dari sebelumnya. Kemendikbud menggelontor dana Rp 15,75 miliar tiap bulan, atau 189 miliar setiap tahunnya. ”Kenaikan secara pastinya saya tidak hafal. Tapi jika dihitung sederhana ya anggarannya juga meningkat dua kali lipat,” tambahnya.
"nominal untuk penerima tunjangan honorer sebelumnya Rp 350 ribu per bulan. Tapi mulai tahun depan, tunjangan diberikan berdasarkan dengan prestasi, maka jumlah masing-masing guru tidak sama" tandasnya. Pada Dasarnya penilaiannya nanti dari masa kerja dan lamanya jam mengajar,” kata perempuan yang berlatar belakang guru itu.
Guru yang  berhak mendapat tunjangan honorer tergantung keputusan Kemendikbud. ”Karena yang lebih tahu secara teknis itu Kemendikbud RI. Data dan pemetaan kebutuhan yang tahu itu kementerian,” jelas Lathifah.
Sementara itu, Trisnawati selaku kepala bidang (kabid) Fungsional Disdik Kota Malang saat dikonfirmasi mengenai kejelasan penambahan kuota guru penerima tunjangan honorer, dirinya sudah mengetahui, namun mengenai jumlah penerima dan klarifikasi penerima tidak tahu-menahu. “Yang menunjuk langsung ya Kemendikbud RI,” Pungkasnya.
Dirinya menuturkan bahwa selama ini ada empat jenis pemberian tunjangan, yaitu tunjangan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), tunjangan bosda madin (bantuan operasional sekolah daerah madrasah diniyah) dan tunjangan kinerja untuk TK Muslimat yang bersumber dari APBD. ”Tidak boleh dobel. Kalau sudah dapat dari APBD, ya tidak boleh dapat dari APBN,” tutup nya.
Demikian informasi yang kami sampaikan mengenai tunjangan khusus yang akan diterima oleh rekan-rekan honorer. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Sumber: erudisi.com

4 Responses to "ALHAMDULILLAH. REKAN-REKAN HONORER AKAN MENDAPATKAN TUNJANGAN KHUSUS TAHUN 2016"

  1. Trus gmana nasib tenaga kontrak tahunan, apa seumur hidup ga ada jaminan kelangsungannya...bhiks

    BalasHapus
  2. Ass, mudah2han program ini terealisasi tepat waktu dn mampu memenuhi sesuai aturan

    BalasHapus
  3. ass...sampai saat ni tunjangan khusus kab.garut yang di tranfer ke BRI blum pada cair..apa kendalanya...trima kasih

    BalasHapus
  4. ass..sampai saat ini tunjangan khusus kab.garut jawa barat yang di transfer ke BRI belum pada cair...apa kendalanya..terima kasih

    BalasHapus