KHUSUS GURU HONORER, MENDIKBUD ANIES : KALAU MAU JADI PNS MINTA KE PEMDA ATAU KEPSEK !!!

Salam sehat dan sejahtera selalu buat rekan-rekan semua dimanapun berada. Kembali kami situsguruindonesia.com di awal tahun 2016 ini akan memberikan beberapa informasi terkait dengan dunia pendidikan Indonesia. Berikut kami sampaikan informasi mengenai rekan-rekan honorer yang ingin menjadi PNS untuk minta ke Pemerintah Daerah atau Kepala Sekolah. Untuk informasi selengkapnya silahkan disimak.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengaku kerap dibikin repot dengan permintaan guru honorer yang ingin diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Desakan itu bukan hanya sekali atau dua kali terjadi, namun berkali-kali. Bahkan dalam jumlah yang besar.



Padahal, kata Anies, yang berwenang mengangkat guru honorer adalah pemda setempat dan kepala sekolah terkait. Sebab, kepala sekolah tentu lebih tahu pengalaman dan kinerja guru yang bersangkutan.
Begitu juga pemda yang akan mengatur alokasi anggaran yang dimiliki. “Jadi ya seharusnya mintanya ke pemda dan kepala sekolah, bukan ke sini (Kemendikbud, red),” kata Anies di Jakarta, Senin (30/12).
Selain itu, masalah yang muncul di daerah saat ini terait status pengelolaan sekolah menengah atas (SMA) di bawah pemerintah provinsi (pemprov). Ada sejumlah daerah yang tidak setuju SMA dikelola pemprov.
“Macam-macam ini alasannya. Padahal kan ini bukan setuju atau tidak setuju. Tapi sudah perintah undang-undang,” terangnya.
Pengelolaan SMA atau SMK sederajat akan diambil alih Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi. Hal itu sudah diatur dalam Undang-undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.
Sehingga nantinya, masing-masing level pemerintahan memiliki tanggung jawab dan tugasnya masing-masing dalam bidang pengembangan SDM.
Pemerintah pusat akan mengelola pendidikan tinggi, provinsi mengelola pendidikan menengah, dan kabupaten atau kota mengelola pendidikan dasar SD dan SMP. Aturan tersebut akan berlaku 2016 mendatang.
Demikian informasi yang kami sampaikan tentang guru honorer yang mau menjadi PNS agar minta ke Pemda atau Kepsek. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber: fajar.co.id

2 Responses to "KHUSUS GURU HONORER, MENDIKBUD ANIES : KALAU MAU JADI PNS MINTA KE PEMDA ATAU KEPSEK !!!"

  1. Jawaban itu rasanya kurang bijak coba lihat bagaimana sebuah sekolah berjalan baik dan optimal dimana sebuah sekolah SD misalnya ada di suatu kecamatan bahkan banyak kecamatan hampir semua sekolah PNSnya hanya 3 menunggu diberi guru PNS ga tahu kapan maka solusinya ambil wiyata bhakti apa itu salah ga diangkat ga apa apa tolong jangan memojokkan KS mengadu dg WB jangan menghitung jumlah guru dg rasio murid se Indonesia sebab sebaran tidak merata coba hitung untuk SD berapa jumlah kls dan berapa jumlah guru untuk WB diangkat ato tidak mangga tapi tolong jawabannya yg bijak kasihan teman KS yg ada di lapangan mencoba optimal dlm mengelola sekolah seakan disalahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya, kalo kewenangan ke KS,/Daerah kami senang aja , tapilo keduanya pilah-pilah enggak nantinya, mohon maaf contoh sy guru + ops dapodik gaji 250 per bln nunggu bos eh yang kemaren diangkat kemaren malah yang gak jelas tah 2007 terus gimana, kalo ditanya itu kebijakan pusat/ tak lulus tes , tapi hasil nilai tes dari dulu tak ada/di publikasikan jadi banyak seribu alasan, mohon maaf lo pk, ya kami monggo apa kebijakan pemerintah yang penting adil dan bijak dan kalo bisa diaudit kembali K2 kemarin yang sampai hari ini belum dapat SK 100% Kebenaran dari ijasah udah kelihatan tahun kuliah masa ijasah D2 jakarta lulus 2006 bisa masuk K2 la ngajarnya naik kapal terbang kan lucu (contoh kejadian di tempat kami) mohon maaf seribu maaf

      Hapus