PERNYATAAN MENPAN-RB TERKAIT PELAKSANAAN SELEKSI CPNS TAHUN 2016

Salam sukses buat kita semua. Penerimaan lowongan kerja menjadi PNS merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak pihak, terutama bagi rekan-rekan honorer Kategori 2 (K2). Terkait banyaknya isu tentang pengadaan seleksi CPNS untuk tahun 2016 tidak pelak membuat Menteri PAN-RB harus buka suara. Menanggapi hal ini berikut adalah pernyataan Menteri Yuddy selaku MenPAN-RB.
Prof. Yuddy Chrisnandi selaku menteri PAN dan RB pada awal tahun ini memberikan sedikit bocoron atas pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini, bahwa pihaknya memutuskan tidak akan membuka seleksi CPNS dari jalur umum sampai tahun 2016 ini, sehingga harapan para pelamar umum untuk mengikuti seleksi CPNS 2016 kandas sudah, beliau mengatakan bahwa “Tahun ini tidak ada penerimaan CPNS dari jalur umum. Moratorium CPNS-nya kan diperpanjang sampai tahun ini,” tegas pak menteri Yuddy.



Seleksi CPNS tahun 2016 ini selanjutnya, hanya dibuka atau dikhususkan bagi pelamar dari sekolah kedinasan saja, contohnya sepertti IPDN, STAN, Sekolah Ilmu Statistik, Sekolah Intelijen Negara, sekolah milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.
Pernyataan tersebut ditegaskan pak menteri bahwa seleksi CPNS tahun 2016 ini hanya untuk sekolah kedinasan saja, “Jadi kalau ada info yang menyatakan ada penerimaan CPNS dari jalur umum itu bohong. Saya tegaskan, tidak ada penerimaan CPNS umum tahun in. Yang ada hanya lulusan sekolah kedinasan saja,” sambung menteri PAN dan RB, Yuddy Chrisnandi.
Dengan tidak adanya seleksi CPNS tahun 2016 dari jalur umum tersebut adalah salah satunya upaya pemerintah untuk dapat mengurangi jumlah pegawai negeri sipil secara bertahap hingga tahun 2019. Pemerintah bertekad, dengan pengurangan pegawai negeri sipil tersebut anggaran belanja aparatur di APBN hanya sekitar 30 persen saja agar pembangunan infrastruktur bisa digenjot.
Dengan adanya info dari pak menteri tersebut maka kemungkinan adanya pelaksanaan CPNS tahun 2016 dibuka bagi pelamar jalur umum akan ditunda sampai waktu yang tidak ditentukan, sehingga bagi masyarakat yang sampai saat ini sedang menunggu pembukaan seleksi CPNS tahun ini jangan berkecil hati karena secara resmi pemerintah belum mengeluarkan publikasi resmi mengenai hal tersebut. Akan tetapi bagi calon pelamar CPNS yang berasal dari sekolah kedinasan dapat bersiap diri untuk mengikuti pelaksanaan CPNS yang rencananya akan dibuka awal tahun 2016 ini.
Demikian informasi yang kami sampaikan seperti dilansir dari cpnskementerian.info. Kami mohon dengan sangat agar informasi ini di bagikan kepada rekan-rekan lainnya, agar rekan-rekan lainnya juga tahu informasi penting ini supaya tidak terjadi penipuan oleh pihak-pihak yang mengatasnamakan panitia penerimaan CPNS. Terima kasih dan semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat.

1 Response to "PERNYATAAN MENPAN-RB TERKAIT PELAKSANAAN SELEKSI CPNS TAHUN 2016"