KEMENKEU : GAJI KE-14 PNS CAIR DI TAHUN AJARAN BARU

Selamat pagi dan selamat beraktifitas buat rekan-rekan Guru sekalian. Berikut adalah informasi yang menggemberikan buat rekan-rekan Guru di seluruh Indonesia terkait pencairan dana THR atau gaji ke-14. Silahkan simak informasinya berikut ini.
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan, pencairan atau pembayaran gaji ke-14 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) pusat biasanya dilakukan saat masuk atau menjelang tahun ajaran baru, sekitar pertengahan Juni-Juli. Sementara bagi PNS daerah, kewenangan ada di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 



"Kalau di pusat, gaji ke-14 dicairkan saat tahun ajaran baru. Tapi di daerah rezimnya dikelola daerah masing-masing, dan biasanya diatur Kemendagri. Biasanya disamakan dengan itu," ujar Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Marwanto Harjowiryono saat berbincang di Jakarta, Rabu (27/1/2016).
Kata Marwanto, pemerintah setiap bulan rutin menganggarkan pembayaran gaji PNS sekitar Rp 6 triliun-Rp 7 triliun. Jumlah yang sama juga dianggarkan untuk membayar gaji purna PNS atau pensiunan. "Jadi kalau anggaran gaji ke-14, berarti tambah sebulan saja," paparnya. 
Di sisi lain, Tjahjo menuturkan, pemerintah meniadakan kenaikan gaji di tahun ini karena merupakan sebuah kebijakan yang sudah diputuskan dalam APBN 2016. Namun pemerintah menggantinya dengan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR).
Pernyataan ini sekaligus menanggapi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang mengatakan, pemerintah akan membayarkan gaji ke-14 menjelang penerimaan siswa baru. "Kalau Kemendagri kan bicaranya PNS daerah, tapi kalau saya di pusat. Jadi beda rezimnya," jelasnya. 
"Diharapkan mendorong kinerja PNS dan memberikan insentif," pungkasnya.
Demikian informasi yang kami sampaikan tentang jadwal pencairan dana THR atau gaji ke-14 untuk rekan-rekan Guru sekalian. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih.
Sumber: liputan6.com

0 Response to "KEMENKEU : GAJI KE-14 PNS CAIR DI TAHUN AJARAN BARU"

Posting Komentar