ALHAMDULILLAH.. BAPAK/IBU GURU SUDAH TERIMA TUNJANGAN PROFESI UNTUK TRIWULAN PERTAMA. SILAHKAN DICEK !!

Selamat siang rekan-rekan Guru di seluruh Indonesia. Berikut kami sampaikan berita yang menggembirakan bagi rekan-rekan Bapak/Ibu Guru sekalian bahwa Tunjangan Profesi Guru (TPG) di beberapa daerah sudah cair dan sudah diterima oleh Bapak/Ibu Guru. Bagaimana dengan rekan-rekan yang lainnya?? Silahkan simak informasi berikut ini. 
Kota Tomohon menjadi daerah pertama menyalurkan dana sertifikasi guru triwulan pertama.



Meski belum keseluruhan guru menerima dana tersebut Arnold Poli, Ketua Aliansi Guru Seluruh Indonesia (AGIS) Sulut ini menungkapkan, daerah-daerah lain seharusnya pun sudah menyalurkan dana tersebut
"Jangan ditahan-tahan jika sudah lengkap berkas dan sudah ada SK dari dikementerian salurkan saja," ujar Poli.
Sertifikasi guru merupakan hak para guru yang sudah menjalankan kewajiban mengajar sesuai aturan. Jadi tak ada alasan untuk menahan-nahan dana sertifikasi. Apalagi saat ini sudah melewati triwulan pertama 2016.
"Kalau sudah disalurkan dana kan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga para guru," ujar pria yang punya dasar keahlian sebagai guru ini.
Biasanya terhambatnya penyaluran sertifikasi alasannya menunggu Petunjuk Teknis (Juknis). "Kan juknis itu tiap tahun ada, kalau belum ada juknis baru, gunakan juknis lama," sebutnya.

Kendala lainnya dalam penyaluran dana sertifikasi guru yakni daerah menunggu semua SK penerima sertifikasi dari Kementerian, padahal SK itu biasanya datang bertahap.

"Jangan ditunggu sekaligus lalu di, seberapa yang ada dibayar. Kalau menunggu semua bisa akhir tahun bayar sertifikasi," ungkapnya.
Di Kota Tomohon pun baru sekitar 100 lebih menerima Sertifikasi, namun penyalurannya dilakukan bertahap.
Kepala Dinas Pendidikan Daerah Tomohon menunkapkan sebanyak 678 guru di Kota Tomohon sudah mengantongi Surat Keputusan dari Kementerian Pendidikan Dasar dan Menegah RI untuk memperoleh dana sertifikasi.
Di Tomohon ada 978 guru yang sudah bersertifikasi di Tomohon.
Sementara itu Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (DPPKBMD) Juliana Dolvin Karwur mengonfirmasi sedikitnya dana Rp 15,7 miliar sudah siap di kas daerah untuk membayar sertifikasi guru triwulan pertama 2016.

Mekanisme penyaluran pun sebenarnya sederhana, DPPKBMD menunggu permintaan pembayaran dari dinas. Jika berkas lengkap dana langsung cair.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait sudah cairnya Tunjangan Profesi Guru di beberapa daerah seperti yang kami lansir dari tribunnews.com. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih.

2 Responses to "ALHAMDULILLAH.. BAPAK/IBU GURU SUDAH TERIMA TUNJANGAN PROFESI UNTUK TRIWULAN PERTAMA. SILAHKAN DICEK !!"

  1. sayangnya tunjangan untuk guru selalu dipermainkan salah data , data gak lengkap dll sebagai alasan setiap triwulan

    BalasHapus
  2. Saya korban kurtilas. Tunjangan tdk cair karena tidak linear. Padahal pemanggilan sertifikasi kkpi. Eh ..dptnya tkj. Selama ini ngajar kkpi. Itu nasib saya juga dan tmn2 seangkatan saya. Pak menteri bagaimana nasib kami?

    BalasHapus