GURU HONORER BERSIAP-SIAPLAH!!! GAJI GURU HONORER AKAN SETARA DENGAN GURU PNS DENGAN KEBIJAKAN PPPK


Selamat pagi dan selamat beraktifitas buat rekan-rekan Guru sekalian. Berikut adalah informasi yang membahagiakan buat rekan-rekan Guru Honorer sekalian, karena Pemerintah akan menggunakan kebijakan baru yakni dijadikannya Guru Honorer menjadi pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang nantinya gaji akan setara dengan Guru PNS. Untuk informasi selengkapnya silahkan simak berikut ini.




Para guru honorer patut bergembira karena mendengar kabar bahwa Pemerintah pusat telah menginstruksikan pemerintah daerah untuk menjadikan para guru honorer ini menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Selain itu, Pemerintah pusat meminta Pemerintah daerah mengakomodir para guru yang tak mendapat gaji dari APBD untuk menjadikan mereka

Menurut Budi Wibowo selaku Pejabat Bupati Purbalingga mengatakan bahwa dengan diangkat para guru honorer menjadi PPPK ini, maka kesejahteraan para guru honorer akan lebih baik karena pendapatan para guru honorer tersebut akan seimbang dengan pegawai yang sudah berstatus pegawai negeri sipil (PNS).
Sedangkan penggajiannya akan diberikan oleh pemerintah pusat, bukan oleh pemerintah daerah. ''Kalau untuk diangkat sebagai PNS, memang sulit. Hal ini karena ada kebijakan tiga menteri yang menerapkan zero growth pengadaan CPNS. Namun dengan adanya sistem PPPK, hal ini tentu akan memecahkan persoalan perbaikan nasib guru honorer. Karena APBD daerah tidak mungkin mengkover semua kebutuhan honor bagi para guru honorer,'' ungkap Budi, Ahad (11/10).
Oleh karena itu, para guru honorer dihimbau untuk lebih fokus dalam mengajar saja dan tidak perlu menggelar aksi demonstrasi lagi karena bisa berimbas kepada anak didik mereka. ''Kasihan anak didik di sekolah, kalau para guru honorer terlalu sering menggelar demo. Bagaimana pun, kegiatan belajar-mengajar siswa tentu akan terganggu,'' katanya.
Menurut Budi saat ini memang ada kesenjangan terjadi yang cukup lebar  antara gaji guru PNS dan gaji guru honorer. Di satu sisi, guru yang berstatus PNS bisa menikmati gaji cukup besar ditambah dengan tunjangan profesi. Guru PNS yang mendapat tunjangan profesinya, penghasilannya saat ini sudah melebihi gaji seorang bupati yang hanya Rp 6 jutaan per bulan.

Sementara kebanyakan guru honorer, hanya bisa mendapat honor sekadarnya, gaji guru honoror, tercover dalam APBD hanya mendapat honor Rp 550 untuk guru honorer SD dan Rp 475 untuk guru honorer di SMP dan SMA. Sementara untuk guru SLTA dan SLTP yang tidak tercover dalam APBD, kebanyakan hanya mendapatkan honor dari dana BOS serta komite sekolah rata-rata Rp 200 ribu per bulan. ''Kalau melihat kondisi ini, memang terkesan menjadi tidak adil. Padahal kewajiban guru honorer, tidak berbeda dengan guru PNS,'' katanya.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait akan ada penyetaraan Gaji Guru Honorer dengan Guru PNS dengan adanya kebijakan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. 
Untuk informasi lainnya silahkan klik DISINI

14 Responses to "GURU HONORER BERSIAP-SIAPLAH!!! GAJI GURU HONORER AKAN SETARA DENGAN GURU PNS DENGAN KEBIJAKAN PPPK"

  1. Tidak semudah itu, Revisi dulu Undang Undang ASN nya, untuk memasukkan poin tersebut bagi guru Honorer di dala aturan PPPK nya.
    Dan itupun bagi mereka yang mengabdi di atas tahun 2005,06,07 dst ke atas, dan 2005, 2004. 03. 02 dst ke bawah hrs tetap mendapatkan haknya menjadi PNS sesuai amanat Peraturan Pemerintah yang terlalikan tersebut

    BalasHapus
  2. semoga ini bukan hanya retorika belaka,,,,guru honorer mmg patut diperhatikan krn mereka jg ingin hidup yg lebh layak, mereka punya anak istri.....sementara pekerjaan antara Guru Honorer dan PNS tidak ada bedanya....

    BalasHapus
  3. Maaf pak,mohon dengan sangat honorer kemenag juga dperhatikan.juga infassing yg terhutang segera dcairkan agar kami lebih bersemangat.dan janji2 jangan sekedar janji kami minta yang real real real pak please donk pak
    Terima kasih

    BalasHapus
  4. bagaimana dengan dis sekolah swasta,atau lebih jelasnya guru di kementerian agama

    BalasHapus
  5. Semoga bukan isapan jempol belaka, bukan janji manis, tp menjdi kenyataan. Sy guru honorer sdh 12 th lebih mengajar, dan sdh banyak mendengar janji manis pemerintah sejak 'dahulu kala' ttg gaji, pengangkatan mnjdi pns, sampai tunjangan ini & itu. Tp blm ada yg terealisasi. Semoga janji kali ini bisa mnjdi kenyataan, ameeen.

    BalasHapus
  6. BAGI BAPAK DAN IBU PEMIMPIN YANG KAMI HORMATI, TOLONGLAH MANUSIAWIKAN GAJI GTT ATAU GAJI GURU HONORER DARI BOS, AGAR KAMI BEKERJA LEBIH MAKSIMAL UNTUK MENCERDASKAN ANAK BANGSA.JANGAN YANG PNS AJA YANG DIPIKIRIN KAMI JUGA DONG.SOALNYA TANGGUNG JAWAB BEKERJA ITU SAMA BERATNYA.KAMI TIDAK MENUNTUT UNTUK MENJADI PNS CUMA TOLONGLAH HARGAI JERIH PAYAH KAMI.

    BalasHapus
  7. hanya angin surga. buosan ......bngt........

    BalasHapus
  8. makanya kalo ga mau kegiatan belajar mengajar terganggu sejahterakan para guru honorer, toh kami bekerja serius, kami juga sekolah smpai jenjang S1 dengan modal yg tidak sedikit.

    BalasHapus
  9. Km di madrasah tolong dipikirkan juga, kementrian agama pikirkanlah nasib kami di madrasah yg honor non katagori

    BalasHapus
  10. kasihan yg masuk pns jalur cpns umum tes kompetensi murni kalo semisal ada cpns lain yg nggak melalui tes kompetensi jalur umum tapi bisa otomatis keangkat PNS. PPPK nggak ada beda dengan PNS. jangan dibeda2kan. memang kesalahan pemerintah masa lalu yg PHP honorer otomatis PNS tapi juga bukan berarti kesalahan tsb sepenuhnya jadi beban pemerintahan masa sekarang. pada intinya pemerintah sudah berusaha dan berupaya membantu kesejahtaraan pegawai honorer supaya setara dengan PNS dengan istilah mengadakan perekrutan PPPK. dan itu juga kudu uji kompetensi. gaji besar = kerja profesional , gaji kecil=pengabdian. jangan naif menggunakan kata pengabdian untuk tendensi pembenaran pengangkatan otomatis menjadi PNS karena awal mula perekrutan honorer dahulu juga penuh korupsi,kolusi dan nepotisme. BERANTAS!

    BalasHapus
  11. percuma kita komen di sini kawan.
    kita tunggu aja janji janji mereka.
    apa mereka cuma PHP...?
    apa mereka cuma cari sensasi ketika menjabat..?
    apa mereka cuma ingin membuat kita bosan terus mengundurkan diri dari guru honor..?

    BalasHapus