DILEMA TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU.. GURU HARUS MEMPUNYAI BEBAN KERJA 24 JAM UNTUK MEMPEROLEH TUNJANGAN SERTIFIKASI


Selamat siang dan salam sukses buat kita semua. Berikut adalah informasi terkait tunjangan sertifikasi Guru yang selama ini menjadi dilema bagi rekan-rekan Guru sekalian. Bagaimana tidak, untuk mendapatkan sertifikasi guru yang menjadi salah satu persyaratannya adalah guru harus mempunyai beban kerja paling sedikit 24 jam tatap muka. Bagaimana informasi selengkapnya? Silahkan simak informasi berikut ini.
Pemberian tunjangan profesi guru bertujuan untuk meningkatkan motivasi, profesionalisme dan kinerja serta kesejahteraan guru dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan prestasi belajar peserta didik. Namun untuk mendapatkannya, seorang guru harus menempuh beberapa proses dan persyaratan, di antaranya beban kerja paling sedikit 24 jam tatap muka dalam seminggu.


Persoalan syarat beban kerja sedikitnya 24 jam tatap muka, selama ini rata-rata sekolah/madrasah di mana guru tidak semuanya memperoleh beban kerja 24 jam. Untuk mencukupinya, sebagian guru mencari ke sekolah lain, dan hasilnya tidak mudah karena sekolah lain pun seperti itu.Sebagian sekolah membantu guru dengan membuat kebijakan-kebijakan misalnya ditambah dengan jam pengayaan, tambahan kerja sore hari dan sebagainya. Kebijakan seperti itu sekarang ditolak, karena yang dinilai hanyalah tugas pagi hari sampai siang, sesuai dengan kurikulum dan berlaku secara online yang sudah diatur dalam Dapodik Kemendikbud RI.
Hal semacam itu timbul rasa kecewa guru-guru yang belum memperoleh jam tatap muka 24 jam. Ini rasanya tidak sejalan lagi dengan tujuan diberikan tunjangan sertifikasi guru, karena malah dapat memunculkan rasa ketidakadilan, kesenjangan di antara sesama guru dan melemahkan semangat mengajar.
Ini bisa berimbas kepada kualitas pendidikan, karena guru yang beban kerjanya sudah mencapai 24 jam tatap muka akan mendapat tunjangan. Sedangkan bagi yang kurang dari 24 jam tatap muka walaupun hanya kurang 1 jam, maka tetap saja tidak dapat di usul untuk memperoleh tunjangan sebagaimana dimaksud.
Menyikapi permasalahan tersebut kami sebagai mantan pendidik dan saat ini masih sebagai ketua AGPAII Provinsi Aceh mengharapkan kepada pihak yang berkompenten agar para guru yang beban kerjanya di bawah 24 jam tatap muka berhak juga memperoleh tunjangan sertifikasi. Hal ini dapat dilakukan dengan format jumlah Jam tatap muka bagi 24 kali gaji pokok.
Demikian informasi yang kami sampaikan terkait sertifikasi guru seperti yang dilansir dari tribunnews.com. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "DILEMA TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU.. GURU HARUS MEMPUNYAI BEBAN KERJA 24 JAM UNTUK MEMPEROLEH TUNJANGAN SERTIFIKASI"

Posting Komentar