PROGRAM PENSIUN PNS BERUBAH. SIAPA YANG DIUNTUNGKAN, PEMERINTAH ATAU PNS?? MASIH MINAT JADI PNS??

Selamat beraktifitas kami sampaikan kepada rekan-rekan sekalian. Berikut kami update kembali informasi mengenai perubahan skema Program Pensiun PNS. Dengan perubahan ini apakah masih banyak masyarakat yang masih mau menjadi PNS dan siapa yang diuntungkan dengan perubahan skema Program Pensiun PNS ini. Pemerintah atau PNS?? Silahkan simak informasinya berikut ini.
Rencana pemerintah mengubah skema program pensiun pegawai negeri sipil (PNS) mendapat dukungan dari beberapa pihak salah satunya adalah anggota DPR. Perubahan skema ini dinilai lebih menguntungkan PNS karena akan mendapat uang pensiun lebih besar.
Anggota Komisi XI DPR Donny Imam Priambodo menjelaskan, selama ini uang pensiun yang diterima oleh para PNS hanya sebesar 75 persen dari gaji pokok. Akibatnya, uang tersebut tidak mencukupi kebutuhan PNS selama masa pensiun dan pemerintah harus membantu menutupi kekurangan tersebut.
"Selama ini kan memang PNS mengiur, cuma pada saat mereka pensiun dibayarkan 75 persen dari gaji pokok. Nah cuma kadang kala dari yang diiurkan tidak mencukupi saat masa pensiun mereka. Tapi itu bebannya pemerintah, makanya anggaran jadi berat," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (23/8/2017).


Selain itu, dengan skema fully funded ini, pemerintah bisa memastikan besaran anggaran yang harus dikeluarkan untuk pensiun. Sedangkan jika menggunakan skema pay as you go,besaran anggaran yang harus ditanggung pemerintah terlalu besar dan berubah-ubah tiap tahunnya.
"(Iuran pensiun yang dibayar PNS selama ini) Besaran 4,75 persen kalau tidak salah. Itu kalau dibebankan dari gaji pokok pemerintah harus nombok dan besarannya berubah-ubah. Kalau besar, pemerintah harus mencadangkan untuk itu.‎ (Jika fully funded) Pemerintah ikut mengiur dari awal, pada saat PNSitu pensiun dana itu sudah tersedia, sehingga tidak mengganggu anggaran," jelas dia.
Oleh sebab itu, Donny mendukung rencana pemerintah mengubah skema pensiun ini. Sebab skema fully funded dinilai lebih menguntungkan, baik bagi PNS maupun pemerintah.
"Kita dukung yang fully funded karena besaran uang pensiunnya akan lebih naik, Kalau iuran 4,75 persen dari gaji pokok, itu kalau dibayarkan 75 persen saat dia pensiun itu kecil dapatnya. Kalau fully funded dari take home pay maka akan lebih besar," tandas dia.
Bukan rahasia lagi, program pensiun merupakan salah satu alasan masyarakat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Program ini diharapkan menjamin kehidupan masyarakat di hari tua. Namun demikian, skema program pensiun ini akan dirombak oleh pemerintah. Lantas, apakah pekerjaan menjadi abdi negara masih menarik?
Sekretaris Deputi Bidang SDM dan Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Aba Subagja meyakini, perubahan konsep pensiun tak mengubah minat masyarakat menjadi PNS. Setidaknya, ada tiga alasan yang membuat pekerjaan sebagai PNS masih menarik.
"Masih (menarik) kalau menurut saya, jadi orang itu animo jadi PNS luar biasa. Pertama, mungkin harapan mengembangkan karier kompetensi lebih luas, karena jangkauannya dari pusat ke daerah," kata dia kepada Liputan6.com, di Jakarta, Rabu (23/8/2017).
Kedua, masyarakat yang menjadi PNS berpeluang besar untuk mengembangkan kompetensi. PNS berpeluang lebih besar mengembangkan kompetensi dengan cara melanjutkan pendidikan maupun mengikuti seminar.
"Kedua pengembangan kompetensi orang bisa sekolah, bisa ikut seminar, kursus, sekolah S2, S3 itu kesempatannya lebih luas. Kemudian dari sisi penunjang kariernya bisa fungsional, bisa jabatan pimpinan tinggi, macam-macam," jelas dia.
Ketiga, dari sisi kesejahteraan. Dia menuturkan, pemerintah telah berupaya meningkatkan kesejahteraan pada PNS.
"Ketiga kesejahteraannya kan sudah jauh dari yang lalu. Sudah ada peningkatan," ujar dia.
Demikian informasi yang kami sampaikan terkait perubahan skema Program Pensiun PNS seperti yang kami lansir dari liputan6.com. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

0 Response to "PROGRAM PENSIUN PNS BERUBAH. SIAPA YANG DIUNTUNGKAN, PEMERINTAH ATAU PNS?? MASIH MINAT JADI PNS??"

Posting Komentar