Berikut Rincian 20.491 Lowongan CPNS Dari 10 Pemda Di NTB

Selamat beraktifitas kami sampaikan kepada rekan-rekan sekalian. Bagi rekan-rekan Peminat CPNS Daerah terutama di NTB, berikut kami informasikan rincian sebanyak 20.491 Lowongan CPNS dari 10 Pemda di NTB. Berikut selengkapnya.
Pemprov NTB dan sembilan kabupaten/kota telah mengajukan usulan formasi CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) sebanyak 20.491 formasi. Dari sebelas entitas pemerintahan di NTB, hanya Pemda Dompu yang belum mengajukan usulan CPNS 2018.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Yus Harudian Putra, S. STP didampingi Kepala Bidang Mutasi, Wahibullah ketika dikonfirmasi Suara NTB usai pertemuan dengan Komisi II DPR RI di Kantor Gubernur, Rabu, 28 Februari 2018 siang. Yus merincikan, 10 Pemda yang mengajukan usulan CPNS 2018 ke Kemen PANRB.
Antara lain, Pemprov NTB sebanyak 5.554 formasi, Kota Mataram 250 formasi, Lombok Barat 1.800 formasi, Lombok Utara 578 formasi. Selanjutnya, Lombok Tengah 3.198 formasi, Lombok Timur 4.992 formasi, Sumbawa Barat 737 formasi, Kota Bima 273 formasi, Kabupaten Bima 1.798 formasi dan Sumbawa 1.311 formasi.
Yus mengatakan, hingga saat ini pemerintah pusat belum menetapkan jumlah kuota formasi untuk masing-masing daerah. Pemda, katanya, masih menunggu dari Kemen PANRB. Setelah menyampaikan usulan formasi, kata Yus, Pemda diminta merincikan rasio belanja aparatur terhadap belanja publik yang terdapat dalam APBD masing-masing daerah jika ada tambahan jumlah PNS sebanyak itu.
Untuk Pemprov NTB, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) NTB telah melakukan perhitungan. Persyaratan utama daerah mendapatkan kuota CPNS jika belanja aparatur di bawah 50 persen. Dari hasil hitungan BPKAD, kata Yus, Pemprov hanya mampu membayar gaji, TKD sampai Diklat sebanyak 700 CPNS.
Jika lebih dari itu, maka rasio belanja aparatur akan lebih dari 40 persen. ‘’Kita diminta merincikan untuk yang 700 orang ini, apa saja rancangannya, jabatan apa saja. Itu yang diminta dirincikan oleh Kemen PANRB. Kami akan pelajari lagi,’’ imbuhnya.
Kepala Bidang Mutasi BKD NTB, Wahibullah menambahkan pemberian kuota CPNS kepada masing-masing daerah tidak lagi melihat jumlah PNS yang pensiun tiap tahun. ia mengatakan, pemerintah pusat melihat rasio belanja aparatur dengan belanja publik yang ada dalam APBD masing-masing daerah.
Ia menyebutkan, jumlah PNS Pemprov NTB yang pensiun sejak 2014 hingga 2018 sebanyak 1.149 orang. Jumlah itu termausk PNS yang meninggal maupun pindah. Melihat banyaknya PNS yang pensiun, Wahibullah menyatakan Pemprov sangat kekurangan PNS. Terlebih berdasarkan hasil analisis jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK), Pemprov masih kekurangan 5.554 orang PNS.
“Tapi kemampuan dana kita setelah koordinasi dengan  BPKAD berapa mampu kita merekrut tenaga CPNS, sekitar 700-an orang. 700 orang itu sudah dirinci per satuan. Satu orang dari gaji, TKD sampai Diklat prajabatan. Karena dari Kementerian PANRB meminta kita merincikan kembali  jabatan apa saja yang akan dibutuhkan sebanyak 700 formasi itu,” terangnya.
Mantan Sekretaris Dinas Dikpora NTB ini mengatakan Pemprov NTB masih kekurangan tenaga kesehatan dan guru. Pasalnya, banyak guru dan tenaga kesehatan yang pensiun tiap tahun. Sehingga, Pemprov sangat membutuhkan rekrutmen CPNS.
Kalaupun rekrutmen CPNS belum dilakukan, Pemprov berharap pemerintah pusat segera mengeluarkan regulasi terkait dengan pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).
“Karean itu bisa mendukung sebelum ada rekrutmen CPNS. Supaya di setiap SKPD mampu untuk mendukung kegiatan yang ada dengan diterbitkannya regulasi,” ujarnya.
Usulan formasi  CPNS 2018 Pemda di NTB
Pemda
Jumlah Usulan Formasi
Pemprov NTB
5.554
Kota Mataram
250
Lombok Barat
1.800
Lombok Utara
578
Lombok Tengah
3.198
Lombok Timur
4.992
Sumbawa Barat
737
Kota Bima
273
Bima
1.798
Sumbawa
1.311
Dompu
Total
20.491


Demikian informasi yang kami sampaikan terkait Rincian lowongan CPNS di NTB seperti yang kami lansir dari suarantb.com. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

0 Response to "Berikut Rincian 20.491 Lowongan CPNS Dari 10 Pemda Di NTB"

Posting Komentar