Baca !! Lowongan CPNS 2018 Fokus buat Jabatan Teknis, Apa Saja?

Pemerintah tengah mencanangkan akan membuka kembali penerimaan CPNS di Tahun 2018 ini tepatnya di bulan Juni nanti setelah dilaksanakannya Pilkada. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam lowongan CPNS di Tahun 2018 ini salah satunya adalah formasi apa saja yang akan menjadi fokus utama dalam penerimaan CPNS 2018. Terkait hal ini berikut kami informasikan Jabatan apa saja yang menjadi prioritas utama Pemerintah.


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, proporsi terbesar formasi CPNS tahun 2018-2024 akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis. Hal ini guna mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.  
Dia menjelaskan, jika sebelumnya kuota penerimaan PNS condong mengarah ke tenaga administratif yakni sebesar 70 persen, lowongan CPNS 2018 akan lebih diproyeksikan condong menarik para tenaga teknis.
"Kita memerlukan spesialisasi keahlian, sehingga perencanaan dan usulan ASN (Aparatur Sipil Negara) baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita, sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional," ujar dia di Jakarta, Selasa (22/5/2018).
Oleh karena itu, ia menyebutkan, lowongan CPNS 2018 akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan. 
Tercatat, saat ini jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) berkisar sekitar 4,3 juta lebih, dengan proporsi terbesar selain guru adalah tenaga pelaksana/administrasi, yakni sebesar 1,6 juta atau sekitar 38 persen. 
Untuk mendukung terciptanya birokrasi berkelas dunia 2024, pemerintah menyelenggarakan program strategis yang dimulai dari perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, hingga reformasi kesejahteraan. 
Selain itu, Asman juga menyinggung Indonesia dan dunia tengah menghadapi perubahan cepat di era industri 4.0 yang dicirikan dengan dominannya peran mesin dan otomatisasi, serta terintegrasinya sistem komputasi dan jejaring dalam proses fisik. 
"Makanya, diperlukan ASN yang profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki daya hospitalityentrepreneurship, dan networking, serta tentunya tetap harus memiliki rasa nasionalisme dan berintegritas," tutur dia.

Pemerintah Tetapkan Formasi CPNS Paling Lambat Juni

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan, saat ini pemerintah masih terus merampungkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Diharapkan kebutuhan formasi bisa ditetapkan paling lambat bulan depan.
Asman menyatakan, pihaknya masih melakukan verifikasi usulan formasi yang diajukan oleh kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah (pemda).
‎"Baru masuk dalam e-formasi. Sekarang tahap finalisasi verifikasi datanya," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 22 Mei 2018.
Verifikasi ini, lanjut dia, untuk menentukan berapa kebutuhan pegawai baru untuk masing-masing K/L dan pemda, serta akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran pemerintah.
"Itu kebutuhan dan beban kerjanya nanti sinkron, kebutuhannya berapa. Mudah-mudahan Mei-Juni bisa kita kelarkan," kata dia.
Sementara untuk waktu pendaftarannya, Asman menyatakan hal tersebut masih harus dihitung. Namun, jika semuanya telah siap, pemerintah akan mengumumkan kepada publik mengenai kebutuhan CPNS ini.
"Nah tergantung secara teknis, nanti kita hitung pelaksanaannya. Nanti pasti kita umumkan," tandas dia.

Demikian informasi yang kami sampaikan terkait Lowongan CPNS Tahun 2018 seperti yang kami lansir dari liputan6.com. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan kami sampaikan terima kasih.

Silahkan di Share informasi ini ya. Terima kasih.

0 Response to "Baca !! Lowongan CPNS 2018 Fokus buat Jabatan Teknis, Apa Saja?"

Posting Komentar